14 December 2012

Kisruh Sepak Bola Indonesia

Kisruh Sepak Bola Indonesia
Januari, AFC Turun Tangan
Penulis: Ary Wibowo | Jumat, 14 Desember 2012 | 19:02 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Rita Subowo (Ketua KOI)
JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) berencana untuk mengunjungi Indonesia pada Januari 2013. Hal itu disampaikan ketua tim task force, Rita Subowo menanggapi keputusan FIFA yang tidak jadi menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia.

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco)  FIFA di Tokyo, Jepang, Jumat (14/12/2012), FIFA tak menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Mereka akan menyerahkan kembali penyelesaian masalah dualisme sepak bola Indonesia kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

“Tadi, Presiden AFC (Zhang Jilong) mengatakan kepada saya kalau akan datang awal Januari. Saya sudah memberitahukan jadwal dan apa yang harus dipersiapkan,” ujar Rita saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat petang.
Rita mengatakan, kedatangan AFC tersebut diharapkan bisa menyelesaikan sejumlah masalah sepak bola tanah air. Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu berharap, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) bisa segera mencari jalan bersama-sama untuk menyelaraskan perbedaan.

“Saya meminta dalam waktu dekat ini, mereka dapat memberi masukan yang jelas apa yang tidak sesuai untuk persatuan dan kesatuan ini. Mana yang masih bisa dinegosiasikan, sehingga perbedaan itu bisa disatukan,” kata Rita.

FIFA memberi tenggat waktu kepada Indonesia hingga 10 September lalu untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut. Jika dinilai gagal, FIFA akan menjatuhkan sanksi seusai menggelar pertemuan di Tokyo, Jumat ini.

Namun, dalam keputusannya hari ini, FIFA akan memperpanjang deadline untuk menyelesaikan sepak bola Indonesia. FIFA dikabarkan akan kembali menggelar rapat Exco pada 13 Februari 2013, sementara PSSI diberi tenggat waktu hingga rapat Exco berikutnya pada 30 Maret 2013.
Editor : Daniel Sasongko

No comments:

Post a Comment